Rabu, 13 Agustus 2014

Akuntansi

Jurusan akuntansi UMM bertujuan menghasilkan sarjana ekonomi yang mempunyai kompetensi di bidang akuntansi yang mampu mengelola aktivitas keuangan organisasi serta memiliki kemampuan mengendalikan dan menganalisis informasi keuangan organisasi bisnis maupun sektor publik. Jurusan ini berstatus Terakreditasi “A”.
Kurikulum dirancang ke dalam konsentrasi bidang ilmu antara lain: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, sistem informasi, pengauditan, perpajakan, akuntansi syari'ah, kewirausahaan, dan akuntansi sektor publik. Program studi akuntansi UMM mengembangkan serangkaian aktivitas akademik yang dapat meningkatkan value added mahasiswa dalam berbagai jenis peminatan (brevet pajak, kunjungan perusahaan, magang kerja, workshop akuntansi syari'ah, dan short course manajemen ekspor impor).
Laboratorium akuntansi menjadi basis pelaksanaan praktikum akuntansi perusahaan jasa, dagang, industri, pemeriksaan akuntansi, perpajakan dan metodologi penelitian. Semua praktikum didesain secara manual dan computer-based.
Untuk memperpendek masa studi mahasiswa, program studi akuntansi UMM merancang program 'percepatan' penyusunan skripsi dengan label “Workshop pengayaan penyusunan proposal skripsi”. Program ini telah terbukti berhasil mengantarkan mahasiswa akuntansi untuk menyelesaikan penulisan skripsi dalam waktu rata-rata 4 bulan.
Jaringan alumni program studi akuntansi dan forum-forum alumni dikembangkan sebagai salah satu sumber informasi dan akses ke dunia kerja. Pola ini terbukti dapat memperpendek masa tunggu alumni  memperoleh pekerjaan.

Sumber: http://www.umm.ac.id/id/page/01030702/akuntansi.html

Artikel Tentang Akuntansi


Oleh Fauzatul Fitriyah
Ilmu akuntansi merupakan ilmu dalam menghitung, mengukur, dan mencatat sebuah data keungan menjadi sebuah informasi yang tepat, terukur, dan relevan untuk mengambil keputusan yang baik bagi perusahaan. Dari segi bahasa yaitu accounting. Jika di lihat dari kata benda, akuntansi adalah suatu kegiatan dalam mencatat data keuangan sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna bagi pemakainya.Akuntansi juga di sebut  “pembukuan”.
Akuntansi merupakan ilmu yang fungsinya menyajikan informasi kepada sebuah organisasi atau badan usaha untuk melakukan tindakan yang efektif dan efisien. Fungsi tindakan tersebut ialah untuk melakukan perencanaan, pengawasan, dan mengasilkan keputusan bagi pihak manajemen untuk di bebankan kepada pihak-pihak internal dan eksternal.
Akuntansi selalu di butuhkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan informasi , seperti pihak internal yaitu pihak yang berada di dalam struktur organisasi. Di dalam sebuah organiasi atau perusahaan yang di sebut sebagai pihak internal adalah pihak manajemen. Kemudian, investor yaitu orang yang menginvestasikan dana/uangnya ke dalam sebuah perusahan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan, pada umumnya investor ini tidak campur tangan dalam menjalankan perusahaan
Lalu pemegang saham atau pemilik perusahaan yang dalam dalam menjalankan usahanya pemilik perusahaan akan melakukan penilaian dengan melihat hasil laporan keuangan perusahaan. Dengan informasi tersebut, pemilik perusahaan akan membuat keputusannya yang sangat penting, yaitu ke arah manakah atau strategi apa yang akan di pakai untuk menjalankan perusahan di masa yang akan dtang guna mendatangkan keuntungan yang lebih besar dari sebelumnya.
Selain itu pemerintah atau instansi akan memberikan pajak sesuai dengan keuntungan yang perusahaan peroleh dalam suatu periode. Kreitur atau pemberi kredit juga merupakan pihak yang membutuhkan akuntansi. Biasanya pihak bank, memerlukan laporan keuangan perusahaan yang mengajukan kredit,untuk memprediksi dan menilai apakah perusahaan tersebut layak mendapatkan pinjaman dana atau tidak.
Prinsip akuntansi adalah sebuah nilai-nilai yang di jadikan panutan dan di patuhi oleh  pembuat standar akuntansi. Namun,pada kenyataannya prinsip akuntansi bukan merupakan parameter wajib. Hal itu di karenakan prinsip akuntansi pada hakikatnya mengawasi dan memberikan rambu-rambu dengan ketentuan yang jelas dan sudah di akui kebenarannya. Dengan mematuhi prinsip-prinsip akuntansi dalam membuat laporan keuangan, maka akan memudahkan pihak pembuat dan pihak eksternal, misalnya auditor publik dan investor untuk membaca dan membandingkan dengan laporan akuntansi perusahaan lain.
Perhitungan akuntansi dan laporan keuangan akuntansi sangat penting posisinya di dalam pengambilan keputusan sebuah perusahaan.Oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa akuntansi merupakan ilmu yang mempelajari bagaiman proses pengolahan data keuangan sehingga menjadi sebuah informasi  keuangan.Pentingnya peranan akuntansi di dalam sebuah organisasi menjadikannya sebuah sistem yang saling berhubungan dan berkaitan dengan entitas-entitas lain dalam sebuah organisasi atau badan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar